Senin, 27 Agustus 2012

Pintu Bledeg (Petir)

Ada yang aneh tinggal di Purwokerto yang berasal dari Demak, ada aja yang tanya: di Demak ada tidak petir (bledeg, guntur) ya?. Aku jawab ya jelas ada itukan fenomena alam yang terjadi diwilayah mana saja saat banyak awan sehingga kandungan muatan positif terbentuk lebih dan bumi yang cenderung bermuatan negatif/neutral memicu saling tarik menarik berupa luncuran muatan listrik. Bledeg  atau petir ini di awan lebih cenderung bermuatan postif untuk melepaskan potensi tegangan positif ini dibuanglah ke bumi bisa lewat pohon atau obyek tinggi yang terhubung dengan bumi.

Mengapa ada pertanyaan seperti di ATAS. Karena memang orang di luar Demak mengetahui sejarah jaman dahulu seorang Ki Ageng Selo pernah menangkap Petir (Bledeg) yang kemudian diikat dengan tali dari rumput dan kemudian digambar dalam bentuk NAGA. Sehingga ada keyakinan juga jika sedang di sawah atau tempat terbuka dan banyak petir maka merunduk ambil rumput untuk di usap-usapkan ke ke semua tuuh kita agar selamat dari sambaran petir. [Maksudnya sih sebenarnya agar tubuh kita merendah, karena petir cenderung mencari obyek yang paling tinggi di sekitarnya]

Gambar bentuk naga ini kemudian diabadikan untuk gambar pintu depan Masjid Agung Demak (Masjid yang dibuat oleh wali 9 yang ada di daerah Jawa). Seperti apa bentuknya nah kemarin lebaran tahun ini 2012 sempat memfotonya.Pintu yang asli disimpan di musem masjid, yang sekarang ada dipintu masid merupakan gambar ukiran replikanya.


0 komentar: