Sabtu, 11 Agustus 2012

Perhitungan Harga paket JNE

Untuk pengiriman barang dengan jasa JNE ternyata volume kemasan akan sangat berpengaruh ke harga ongkos kirim. Jumat siang kemarin dapat order dari Jayapura dari penjualan online Keripik Paru, barang dalam kemasan kardus bekas kardus oleh-oleh waktu dulu ke Makasar. Barang dalam kemasan ditimbang kurang lebih beratnya 1,4 kg, tetapi harga  ONGKIR  bukannya 1,4 kg x  61 ribu  (satuan ongkir reguler dari Purwokerto ke Jayapura Selatan) tetapi karena dilihat kemasannya agak besar, jadinya si agen JNE menggunakan rumus:
Berat volume kardus:
     ( (panjang cm x lebar cm x tinggi cm)/6000 ) x 1 kg

dengan ukuran yang ada ternyata ongkir jatuh pada 3kg x 61 ribu = 183 ribu.
Nah loh, ternyata berat barang yang tadinya 1,4 kg jadi 3 kg, ini menjadi pengalaman dan pelajaran baru, jika memang ingin jualan online biar ongkir murah CARILAH PRODUK yang kecil-kecil atau JIKA DI PAKET tidak memerlukan kardus yang besar bahkan langsung bungkus saja pakai plastik tidak perlu kardus.
PRODUK INI misalnya: komponen IC, alat elektronik kecil sehingga kardus bisa dimodifikasi sekecil mungkin dan yang dapat dikemas tanpa kardus MISAL baju, batik, dll hanya dibungkus pakai plastik saja sudah OK.

1 komentar:

Jefry mengatakan...

cara perhitungan seperti ini bisa merugikan pedagang ya dan takutnya harga ongkos kirim yang sekian mahal bisa mengurungkan niat orang untuk membeli produk2 kita
trims atas tipsnya, sangat bermanfaat..