Selasa, 17 Juli 2012

Manfaatkan KWH Listrik Prabayar (Digital) untuk Identifikasi Beban rumah kita


Sudah hampir setengah tahun telah berpindah model ke KWH prabayar dari KWH biasa/manual/analog. Tampilan KWH prabayar ini lengkap mulai dari JAM, TGL, Arus listrik, Tegangan listrik, Daya Listrik, DLL.
Dari display tampilan digital tersebut ternyata dapat kita manfaatkan untuk keperluan identifikasi beban listrik rumah kita. Kita bisa melihat beban listrik manakah yang paling berat sampai yang paling ringan.
Caranya:
1. Matikan semua beban listrik dirumah kita mulai dari lampu, radio, tape, TV, Kulkas, dispenser, AC, setrika,....pokoknya semua beban listrik, nah sekarang kita cek daya terpakai di display KWH digital maka harus menampilkan Daya = 0 watt. (P=0 watt), karena memang tidak ada beban, jika masih ada Daya/arus/beban berarti instalasi listrik Anda ada yang bocor, mesti harus di perbaiki, kalau tidak maka: bahaya konsletting, bahaya kanker (kantong kering...he..he..he) karena Anda bayar dari yang tidak diperlukan.
2. Sekarang mulai nyalakan satu beban secara bergantian mulai dari misalnya lampu teras (masih kondisi  beban yang lain mati semua). Kemudian lihat di KWH digital kita catat Arus=...? Tegangan= ...? dan Daya P =...?. Dari sini kita tahu bahwa beban listrik lampu teras kita adalah (misal 15 watt).
Nah teruskan secara bergantian satu persatu sebanyak beban listrik yang kita punyai.
Data yang terkumpul bisa kita analisis beban listrik mana yang paling besar dayanya. Sehingga kita bisa dengan bijak mengatur seperlunya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pakai short code berikut ini :

1. 37 (enter) untuk memeriksa sisa kredit.

2. 41 (enter) untuk memeriksa tegangan.
(diperlukan misalnya jika tegangan drop, sehingga lampu redup atau alat listrik tidak bekerja normal)

3. 44 (enter) untuk memeriksa arus.
(bisa digunakan untuk memeriksa kebocoran pada instalasi)

4. 47 (enter) untuk memeriksa daya sesaat.
(berguna untuk mengetahui berapa besar daya yang sedang digunakan saat ini, sehingga bisa memperkirakan kapan sisa kredit akan habis).

Anonim mengatakan...

CARA MENGINPUT AWAL METERAN DIGITAL